WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 17 Februari 2016

CARA INSTALASI WINDOWS 10 LENGKAP DENGAN GAMBAR

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk / DVD

 SIAPKAN CD/FLASHDISK BERISI INSTALAN WINDOWS 10

Setelah file instalasinya berhasil diunduh, silahkan burn file ISO ke dalam kaset DVD jika ingin menginstalnya via optical drive. Namun jika Anda mengunduhnya ke dalam flashdisk, maka Anda tidak perlu melakukannya lagi.
Selanjutnya silahkan atur bios agar melakukan booting melalui USB atau optical drive tergantung dari opsi yang Anda pilih. Silahkan booting untuk memulai proses instalasi lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Atur Bahasa, Waktu, dan Keyboard
Pada jendela pertama yang muncul Anda diharuskan untuk mengatur beberapa hal. Yang pertama adalah mengatur bahasa yang ingin digunakan. Windows 10 sendiri menyediakan puluhan bahasa yang bisa Anda pilih, seperti Inggris, Perancis, dan lainnya.
cara instal windows 10 dengan flashdisk
Selanjutnya Anda harus memilih format waktu serta format penulisan mata uang yang akan digunakan di Windows 10. Terakhir, Anda harus memilih jenis keyboard yang ingin digunakan, apakah standar US atau keyboard khusus seperti Arab dan Jerman.
Setelah semuanya selesai di ataur, silahkan klik tombol Next. Pada jendela selanjutnya Anda akan melihat sebuah tombol besar bertulisan “Instal now” di tengah-tengahnya. Silahkan klik tombol tersebut untuk memulai proses instalasi.
  1. Tentukan tipe instalasi
Selanjutnya Anda diharuskan untuk memilih dua macam tipe instalasi Windows 10. Yang pertama adalah “upgrade” yang akan menyimpan data dari sistem operasi yang sebelumnya. Sedangkan yang kedua adalah “custom” yang akan menghapus semua data dari OS sebelumnya.
Karena kita akan melakukan fresh instal, maka silahkan pilih opsi yang kedua tersebut. Dengan memilih opsi ini Windows 10 yang terinstal akan benar-benar baru sehingga Anda akan terbebas dari masalah yang ada di sistem operasi sebelumnya.
  1. Buat partisi
partisi windows 10
Silahkan pilih partisi yang akan digunakan untuk lokasi instalasi Windows 10 jika Anda sudah mempersiapkan partisinya sebelumnya. Jika belum, maka Anda dapat membuat partisi baru atau memformat partisi yang sudah ada.
Untuk dapat menginstal Windows 10 kita harus memiliki ruang kosong di dalam hard disk sebesar 16 GB untuk versi 32 bit dan 20 GB untuk versi 64 bit. Disarankan untuk menyediakan ruang yang lebih besar dari kebutuhan minimal tersebut agar Anda dapat menyimpan banyak aplikasi di dalamnya.
Jika di dalam hard disk Anda sebelumnya sudah ada data, maka berhati-hatilah dalam mengatur partisi ini agar partisi yang berisi data tersebut tidak terhapus. Setelah pembuatan partisi selesai dilakukan, silahkan klik tombol next.
  1. Install dan lakukan pengaturan
cara instal windows 10 iso
Selanjutnya proses instalasi Windows 10 akan segera dimulai. Proses ini akan memakan waktu sekitar 60 menit tergantung dari spesifikasi komputer Anda. Selama proses ini komputer Anda juga akan melakukan restart beberapa kali.
Setelah instalasi selesai, Anda akan disuguhkan dengan opsi Settings atau pengaturan di layar komputer Anda. Untuk mengatur berbagai setingannya tersebut silahkan klik tombol “Customize”. Namun jika tidak ingin membuang-buang waktu, silahkan klik tombol “Use express settings”.
Setelah itu silahkan sign in ke akun Microsoft. Jika sudah memilikinya, maka Anda hanya tinggal memasukan alamat email beserta password ke dalam kolom yang disediakan. Namun jika belum, silahkan klik opsi “create a new account” untuk membuat akun Microsoft yang baru.
Dengan sign in ke dalam akun Microsoft, maka Anda dapat mengakses berbagai fitur terbaik dari Windows 10 ini seperti Windows Store dan lainnya. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol next pada setiap halaman yang muncul hingga proses pengaturan selesai.
  1. Windows 10 siap digunakan


Setelah proses pengaturan selesai, komputer Anda akan melakukan restart beberapa kali lagi untuk menyelesaikan proses instalasi. Terakhir, komputer Anda akan masuk ke Windows 10 dan menampilkan desktop yang sangat cantik khas Windows 10.
Silahkan jelajahi berbagai macam fitur yang ada di Windows 10 agar Anda cepat beradaptasi dengan fitur dan tampilan baru yang disuguhkannya. Jangan lupa pula untuk melakukan berbagai pengaturan agar kinerja Windows 10 ini sesuai dengan keinginan Anda.
Selanjutnya silahkan instal berbagai macam driver yang dibutuhkan oleh komputer Anda. Meskipun Microsoft sudah menginstal secara otomatis beberapa driver umum, namun terdapat beberapa komponen yang harus diinstal terlebih dahulu dengan driver khususnya.



2 komentar: